Categories
Pendidikan

Karakteristik Pasar Monopoli

Karakteristik Pasar Monopoli

Karakteristik Pasar Monopoli
Pasar monopoli memiliki beberapa fitur khusus seperti yang dijelaskan di bawah ini:

1. Pasar Monopoli adalah Industri Perusahaan Tunggal.

Properti ini sesuai dengan definisi monopoli, pasar atau struktur industri dengan satu vendor. Karena alasan ini, barang atau jasa yang dihasilkan tidak dapat dibeli di tempat lain. Pembeli tidak memiliki pilihan lain, jika mereka menginginkan barang yang harus mereka beli dari perusahaan. Ketentuan penjualan sepenuhnya ditentukan oleh perusahaan monopoli dan pembeli tidak dapat melakukan apa pun untuk menentukan ketentuan penjualan dan pembelian.


2. Tidak ada item pengganti yang serupa

Barang yang diproduksi oleh perusahaan monopoli akan digantikan oleh barang lain dalam perekonomian. Artikel ini adalah satu-satunya jenis artikel tersebut. Tidak ada “serupa” dengan itu dalam hal kegunaan. Sampai saat ini, arus listrik adalah contoh dari elemen substitusi “mirip”, menggantikan hanya sesuatu yang sangat berbeda, yaitu lampu minyak. Lampu minyak tidak dapat menggantikan listrik karena tidak dapat digunakan untuk menghidupkan TV atau memanaskan setrika / scrub.


3. Tidak ada akses pasar

Fitur ini adalah alasan utama mengapa perusahaan memiliki kekuatan monopoli. Tanpa fitur-fitur ini, pasar monopoli tidak akan terjadi, karena tanpa hambatan ini pada akhirnya akan ada beberapa perusahaan dalam industri ini. Keuntungan perusahaan monopoli akan menarik pengusaha lain ke industri. Memiliki hambatan yang sangat tinggi untuk masuk mencegah kondisi tersebut mulai berlaku.


4. Dapat mengontrol harga

Karena perusahaan monopoli adalah satu-satunya penjual di pasar, perusahaan itu dapat berspesialisasi dalam penetapan harga. Oleh karena itu, ini dipandang sebagai penentu harga monopolistik. Perusahaan monopoli dapat menyesuaikan harga pada tingkat yang diinginkan dengan memiliki kendali atas produksi dan jumlah barang yang ditawarkan.


5. Tidak diperlukan promosi

Karena perusahaan monopoli adalah satu-satunya perusahaan di sektor ini, Anda tidak perlu melakukan promosi penjualan iklan. Kurangnya persaingan membuat semua pembeli membutuhkan barang yang diproduksi oleh perusahaan monopoli. Bahkan jika iklan monopolistik dibuat, iklan tersebut tidak dimaksudkan untuk menarik pembeli, tetapi untuk menjaga hubungan baik dengan publik.

 

 

Sumber : https://materi.co.id/