Categories
Umum

5 Cara Agar Gaji Tidak Cepat Habis

Memasuki awal bulan seperti biasanya para buruh pabrik menerima gaji yang sudah menjadi hak mereka sebagai buruh pabrik. Akan tetapi kebanyakan dari para buruh banyak yang gajinya itu hanya numpang lewat. Kenapa numpang lewat? Karena sebagian para buruh pabrik saat menerima gaji hanya untuk bayar hutang… ekekekeee…. Dan banyak dari gaji mereka di gunakan hal hal yang tidak di butuhkan yang itu dinamakan pemborosan. Nah, agar tidak terjebak dalam pemborosan yang mungkin selalu Anda lakukan tiap bulan pasca menerima gaji, inilah lima cara yang bisa Anda lakukan.

5 Cara Agar Gaji Tidak Cepat Habis

Hingga kini, masih banyak orang yang memiliki kekhawatiran terhadap penghasilan yang diterimanya. Salah satu pertanyaan yang sering mengiringi kekhawatiran itu adalah mengapa gaji saya selalu habis?

Jangan bingung, coba saja lakukan 5 Cara Agar Gaji Tidak Cepat Habis, maka Anda akan dapat menghabiskan uang tanpa merasa khawatir.

1. Stop belanja

Gaji naik, tapi tetap saja habis. Ya, seakan sudah menjadi kodrat, banyak orang yang mengalami hal ini. Padahal, ketika gaji naik seharusnya Anda mendapatkan tambahan uang yang bisa disimpan atau diinvestasikan.

Sayangnya, kebanyakan orang masih sering gagal melakukannya. Karena mereka cenderung lebih banyak berbelanja saat penghasilan mereka bertambah.

Padahal, dibanding membeli banyak barang namun nyatanya tidak terpakai, Anda bisa saja menyimpan uang demi tujuan pensiun dan meraih kemandirian finansial secepatnya.

 

2. Investasi pasif

Anda mungkin baru mau mulai investasi, dan tidak mau mengambil risiko. Karena itulah, cobalah untuk berinvestasi secara pasif. Contohnya adalah dengan membeli emas, properti, atau obligasi.
Selain memiliki risiko yang sangat sedikit, saat melakukan investasi pasif, apapun yang terjadi terhadap ekonomi Anda tidak perlu khawatir akan perputaran pasar. Dengan investasi ini Anda bisa lebih nyaman sementara menunggu hasil investasi terus tumbuh.

 

3. Bandingkan waktu

Coba ingat kembali, saat Anda hanya menghasilkan uang 20 persen dari gaji sekarang? Bandingkan masa itu dengan kehidupan Anda saat ini.

Apakah Anda merasa beruntung dan bersyukur dengan semua yang bisa diperoleh saat ini? Jika pengeluaran yang lebih banyak dilakukan saat ini tidak membuat Anda bahagia, maka sebaiknya hentikan pengeluaran tersebut.

Memang benar jika harga barang kebutuhan Anda tentu tidak sama dibanding masa lalu. Namun, dengan mencoba bersyukur atas apa yang sudah Anda capai saat ini, maka Anda pun akan bisa lebih melakukan perhitungan dalam pengeluaran.

 

4. Hemat untuk kenyamanan

Tentunya, Anda memiliki sedikit waktu untuk melakukan beberapa kegiatan seperti membersihkan rumah, mencuci pakaian dan membersihkan halaman.

Dengan ‘membeli’ tenaga untuk mengerjakan kegiatan ini, Anda bisa memperoleh waktu lebih yang dapat digunakan untuk beristirahat, sehingga uang yang Anda hasilkan benar-benar dapat digunakan untuk kenyamanan.

 

5. Coba memberi

Dengan memberi, Anda tidak hanya menyadari berkat yang diterima, tapi juga dapat melihat kebahagiaan si penerima. Coba donasikan sedikit penghasilan Anda, dan Anda pun akan merasa lebih bahagia.

Mungkin Anda adalah orang yang sulit percaya bahwa makin banyak uang tidak menjamin kebahagiaan seseorang. Tapi, beberapa orang justru tidak bahagia karena tidak bisa memanfaatkan secara maksimal uang yang mereka miliki.

Karena itu, jika Anda memiliki uang lebih dari yang dibutuhkan, sebaiknya rencanakan pengeluaran dan habiskan secara bijak.